Kamis, 03 Agustus 2017

CARA MEMBUAT HIASAN BUNGA DARI BOTOL BEKAS DAN STYROFOAM


Gambar terkait

Masih tetap bergelut dengan botol bekas. Pada tutorial kesempatan ini saya akan mengulas mengenai cara buat prakarya berbentuk hiasan bunga dari botol bekas. Memang prakarya yang akan di buat kesempatan ini tidak memiliki peranan beda selain pajangan. Tetapi semua bahan yang diperlukan untuk buat prakarya ini terbagi dalam sampah di sekitar kita.

Jadi, dari pada jadi polusi, alangkah lebih baik bila sampah itu dirubah jadi prakarya yang memiliki nilai keindahan dan dapat digunakan jadi pajangan. Selain kurangi sampah plastik, kamu dapat juga melatih kreativitas kamu dan sudah pasti dapat hasilkan sebuah karya.

Langsung saja simak beberapa cara membuat dekorasi styrofoam berikut ini :

Alat dan Bahan

  • Botol plastik bekas.
  • Bola-bola Styrofoam.
  • Gunting.
  • Solder.

Langkah 1 : Lubangi dan potong botol
Lubangi bagian basic botol selebar mulut botol dengan memakai solder. Hati-hatilah saat memakai solder karena ujung solder sangat panas dan jauhi lelehan plastik.

Potong bagian dasar botol, lalu masukan mulut botol dalam lubang pada basic botol (perhatikan gambar). Bagian basic botol akan jadi alas/tatakan hiasan bunga yang akan kita buat.

Langkah 2 : Potong-potong bagian bagian botol
Potong-potong bagian bagian botol dengan kecil-kecil dan memanjang memakai gunting. Potong sampai seputar botol mirip rumbai-rumbai. Antar potongan janganlah terlalu lebar, pastikan lebar potongan lebih kecil dari diameter bola styrofoam. Rumbai-rumbai ini nanti di buat jadi putik bunga.

Langkah 3 : Keritingkan rumbai-rumbai putik bunga
Keritingkan rumbai-rumbai yang sudah dipotong barusan hinga menebar kearah luar botol. Pakai gunting untuk mengurut helai rumbai-rumbai satu persatu kearah luar (perhatikan gambar). Kerjakan hal semacam ini ke semua helai sampai membuat sebuah bunga yang mekar.

Langkah 4 : Berikan bola-bola styrofoam
Langkah paling akhir, tusukkan bola-bola styrofoam ke masing-masing helai. Atur jarak dan jumlah bola sesuai sama selera kamu dan hiasan bunga dari botol bekas ini pun siap dipajang.

Tips : Kamu dapat merubah hiasan ini jadi tudung penutup lampu tidur dengan perpanjang bagian tatakan botol.

Demikian tutorial singkat mengenai cara buat hiasan bunga dari botol bekas dan styrofoam. Mudah-mudahan berguna dan selamat berkarya.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.